Translate

Cara Membuat Lembar Kerja Siswa

Lembar kerja siswa merupakan suatu rangkaian tugas yang telah disusun dengan pertanyaan-pertanyaan yang memudahkan siswa dalam mengerjakan / menyelesaikannya. Penyusunan LKS dimaksudkan untuk memberikan kemudahan guru dalam mengakomodir tingkat kemampuan siswa yang berbeda. Sedangkan bagi siswa, LKS mempermudah pemahaman terhadap materi yang diberikan dan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi siswa.

Menurut Rudiyanto (dalam Mervin, 2003:48) ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dalam menyusun/membuat LKS, antara lain :

a. Syarat-syarat didaktik.

LKS sebagai salah satu bentuk sarana berlangsungnya proses pembelajaran harus mengikuti asas-asas pembelajaran yang efektif, yaitu :

1) tekankan pada proses untuk menemukan konsep-konsep sehingga LKS di sini berfungsi sebagai petunjuk jalan bagi siswa untuk mencari tahu,

2) tidak memperhatikan adanya perbedaan individual sehingga LKS yang baik itu adalah yang dapat digunakan baik oleh siswa yang lambat, sedang,maupun yang pandai.

b. Syarat-syarat konstruksi

Persyaratan konstruksi yang harus dipenuhi dalam penyusunan LKS adalah syarat-syarat yang berkenaan dengan penggunaan bahasa, susunan kalimat, kesederhanaan penggunaan kata-kata dan kejelasan yang pada hakekatnya haruslah tepat guna dalam arti dapat dimengerti oleh siswa. Berkaitan dengan hal tersebut ada beberapa hal yang harus diperhatian dalam menyusun dan membuat LKS, yaitu :

1) menggunakan bahasa yang sesuai dengan tingkat kedewasaan (tingkat perkembangan kognitif) siswa,

2) menggunakan struktur kalimat atau kata-kata yang jelas,

3) memiliki tata urutan pelajaran yang sesuai dengan tingkat kemampuan siswa, apabila konsep yang hendak dituju merupakan sesuatu yang kompleks, dapat dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana,

4) menggunakan kalimat yang pendek dan sederhana,

5) memiliki tujuan pembelajaran yang jelas serta manfaat dari pelajaran itu sebagai sumber motivasi,

6) mempunyai identitas untuk lebih memudahkan administasi, misalnya nama, kelas, mata pelajaran, tanggal, dan sebaginya.

c. Syarat-syarat teknis

Penyusunan dan pembuatan LKS juga harus memenuhi syarat-syarat teknis sebagai beriku :

1) tulisan.

Tulisan atau huruf yang harus digunakan adalah: a) menggunakan huruf cetak dan tidak menggunakan huruf romawi/latin disesuaikan dengan tingkat kognitif siswa, b) menggunakan huruf tebal yang agak besar untuk topik, bukan garis bawah, c) banyak kata dalam satu baris tidak lebih dari 10 kata.

2) gambar.

Gambar harus dapat menyampaikan pesan/isi dari gambar tersebut secara efektif terhadap pengguna LKS.

3) penampilan.

Penampilan harus memiliki kombinasi antara gambar dan tulisan. Disamping itu harus memperhatikan pada format dan syarat-syarat penulisan yang sesuai dengan kurikulum.

Menurut Cecep Wijaya (dalam Mervin,2003:50) dalam menyusun LKS hendaknya memenuhi beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut adalah:

a) topik yang dibahas,

b) waktu yang tersedia untuk melakukan kegiatan,

c) tujuan pembelajaran umum,

d) tujuan pembelajaran khusus,

e) rangkuman materi,

f) alat pelajaran yang digunakan,

g) prosedur kegiatan

h) pertanyaan-pertanyaan yang harus dikerjakan setelah melaksanakan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Terbaru

Masukkan Email Anda

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net