Translate

Guru dan Politik

Komunitas guru yang begitu banyak menjadi sasaran para politikus untuk menarik simpati, jargon kampanye tentang guru dan pendidikan selalu menghiasi pesan-pesan yang disampaikan oleh politikus, tidak terkecuali pada pemilihan legislatif 2014 mendatang.  Mengapa guru selalu menjadi obyek politik? Berikut beberapa poin yang membuat guru dan pendidikan selalu menjadi obyek :
 
1. Jumlah guru yang sangat banyak diantara semua profesi
2. Pengaruh guru dilingkungan sosial.
3. Kebutuhan pendidikan untuk anak
 
Berdasarkan 3 poin tersebut, sebenarnya guru dapat mempengaruhi kebijakan dan demokrasi di Indonesia, namun karena disatu sisi guru juga merupakan komunitas profesi yang terlemah dari semua profesi sehingga setiap kebijakan yang berhubungan dengan guru dan pendidikan selalu tidak sesuai harapan guru.

Ada banyak organisasi yang mengatasnamakan guru mulai dari PGRI, IGI, FGRI dan lain sebagainya baik bersifat nasional maupun bersifat lokal termasuk organisasi guru mata pelajaran. Dengan banyaknya organisasi guru tersebut seharusnya membuat guru dan dunia pendidikan menjadi lebih berkualitas, produk hukum juga berpihak pada guru dan pendidikan. Akan tetapi pada kenyataannya justru sebaliknya, dengan banyaknya organisasi guru menjadikan profesi guru menjadi profesi yang tidak dapat ambil bagian dalam menentukan kebijakan tentang guru dan dunia pendidikan akibat dari perbedaan dan egoisme masing-masing organisasi.

Beberapa kelemahan guru dan pendidikan dalam dunia politik :
1. Guru tidak memiliki wakil di parlemen
2. Organisasi guru tidak satu dalam memperjuangkan kepentingan guru bahkan cenderung terdapat persaingan antara organisasi tersebut.
3. Adanya doktrin politik yang menyatakan bahwa guru adalah pendidik sehingga dalam menyampaikan keinginannya harus dengan cara-cara terdidik sementara di Indonesia sampai saat ini menganut sistem manajemen konflik "Ada masalah baru diperhatikan".
4. Pemikiran guru dikurung dengan istilah "Profesi Mulia", "Pahlawan tanpa tanda jasa", "Relawan Pendidikan" dan lain sebagainya.
5. Kebijakan tentang pendidikan terlalu terpusat sehingga guru hanyalah sebagai pelaksana dan pekerja
6. Tidak adanya aturan yang dapat melindungi guru dalam menjalankan tugas
7. dll
 
Dari beberapa kelemahan guru dan pendidikan tersebut sehingga setiap produk hukum yang membahas tentang guru dan pendidikan selalu menemui hambatan dan produk hukum tentang guru dan pendidikan umumnya tidak berpihak kepada guru dan pendidikan itu sendiri. Contoh, kesejahteraan guru yang dibungkus dengan nama sertifikasi. Jika program sertifikasi ingin disebut berpihak kepada guru maka pembayarannya harus menyatu dengan gaji.

Dengan demikian selama guru dan pendidikan masih didominasi oleh kepentingan politik maka kualitas pendidikan yang lebih baik sangat sulit untuk diwujudkan. Perubahan paradigma guru dan pendidikan harus dimulai dari sekarang, guru dan pendidikan harus berdiri sendiri secara independen, posisi pemerintah atas guru dan pendidikan dirubah hanya sebagai fasilitator dan mediator tetapi kebijakan dan urusan guru dan pendidikan diserahkan kepada dunia pendidikan itu sendiri misalnya memberikan kewenangan penuh kepada dewan pendidikan dan dewan pakar pendidikan untuk membuat regulasi dan kebijakan terkait dunia guru dan pendidikan.

Bagaimana menurut anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net