Translate

Bagaimana Memancing Kreativitas Siswa?

Sebagai guru, tugas kita adalah memperkenalkan dan menumbuhkan pemikiran kreatif siswa. Tugas ini memang sangat sulit untuk dilakukan, tapi ini adalah upaya untuk membuat siswa lebih kreatif berdasarkan pemikiran mereka. Selama ini kita selalu menekankan penguasaan keterampilan dan penghafalan materi dengan mengorbankan pemikiran kritis
Tetapi semua itu tergantung dari subyektifitas dan penilaian kita dalam mengelola pembelajaran di kelas, namun demikian saya tetap akan memberikan cara-cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam memancing kreatifitas siswa :
dan kreatifitas mereka padahal itu adalah sebuah kesalahan. Guru harus bisa memancing dan menjadi inspirator serta memicu imajinasi siswa.
  1. Manfaatkan  Visual. Biarkan siswa untuk melihat foto atau lukisan serta video dan mintalah mereka untuk membuat cerita tentang apa yang dilihatnya.
  2. Mengintegrasikan Musik. Putarkan berbagai jenis musik dan mintalah siswa untuk memvisualisasikan adegan terjadi saat musik diputar, kemudian mintalah mereka menggambar atau menulis puisi, atau membuat cerita pendek yang berkaitan dengan musik tersebut.
  3. Kreativitas sejarah. Mintalah siswa menulis huruf membentuk sudut pandang karakter sejarah, atau menulis adegan dialog antara karakter historis dan modern atau bintang bila dimungkinkan mereka menulis karakter idola mereka.
  4. Duplikasi Konten. Mintalah siswa untuk membuat cerita, menggambar dan lain sebagainya berdasarkan obyek yang mereka anggap menarik kedalam konsep pelajaran yang mereka ikuti. misalnya untuk pelajaran matematika, mintalah siswa membuat rumah atau bangunan dari bentuk geometris, atau menulis sebuah lagu tentang prinsip-prinsip matematika dasar .
Dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dapat memunculkan kreatifitas siswa. Misalnya instruksi berbasis proyek, atau pembelajaran konstruktivistik, dan Anda mungkin menemukan beberapa ide menarik yang dapat menginspirasi kreativitas siswa Anda.

Sekarang giliran anda untuk menambah hal-hal yang dapat menumbuhkan kreatifitas siswa dalam kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net