Translate

Indahnya Mengajar dengan Ikhlas

Saya pernah mendengar pernyataan dari salah seorang teman, kira-kira seperti ini "Kalau ingin selalu awet muda maka jadilah guru". Pada awalnya saya tidak mengerti dengan pernyataan tersebut tetapi setelah saya geluti pekerjaan saya sebagai guru pada akhirnya saya merasa ternyata menjadi guru itu indah, ceria, nyaman, penuh kebersamaan, dan bahkan menjadi tantangan.

Profesi guru dapat membuat kita menjadi lebih arif dan bijaksana. Kita juga selalu dituntut untuk disiplin dalam semua aspek, peluang untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kompetensi diri terbuka lebar karena ada faktor yang terus membuat kita memperbaiki diri baik sikap dan prilaku. Aktivitas mengajar yang kita lakukan setiap hari akan mengantarkan kita kepada penguasaan diri dan mengenal jadi diri melalu kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.


Sebagai guru dalam melaksanakan aktivitas dapat bercanda tawa, fokus, bersandiwara, marah dan yang paling penting adalah kita dapat mengenal karakter manusia. Hal ini sangat diperlukan guna pengendalian emosi yang menjadi dasar tumbuhnya sikap kedewasaan seseorang. Bandingkan dengan pekerjaan lain yang setiap hari berhubungan dengan kertas kerja dan tantangan serta pencarian solusi, waktu yang digunakan hampir seluruhnya dibaktikan untuk pekerjaan yang membutuhkan energi ekstra, jika berlangsung secara terus menerus maka akan mengurangi daya tahan tubuh, kreativitas dan daya kritis kita terhadap persoalan hidup.



Dalam melaksanakan pembelajaran apabila dilaksanakan dengan penuh rasa sungguh-sungguh, ikhlas dan bertanggung jawab dapat mempengaruhi jiwa dan hati serta perasaan menjadi nyaman, menyenangkan, menggairahkan dan lain sebagainya.

Keindahan menjadi guru sangat terasa apabila kita bertemu dengan mantan murid yang sudah berhasil. Perasaan bahagia mempengaruhi seluruh jiwa kita, karena keberhasilan mereka merupakan hasil dari pembelajaran yang kita lakukan. "Kertas Kerja" tidak akan pernah mengucapkan rasa terima kasih tetapi "siswa" pasti terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net