Translate

Aturan Berinternet Berdasarkan Buku Netiquette oleh Virginia Shea.





Berselancar di internet memiliki aturan yang harus ditaati oleh setiap penggunanya. Aturan dalam bentuk etika ini digunakan untuk memastikan setiap pengguna internet menemukan kenyamanan dalam berselancar. Buku Netiquette yang dikarang oleh Virginia Shea merupakan jawaban atas semuanya. Kita dapat mengetahui etika dan aturan apa saja yang harus ditaati dalam berinternet.

Buku ini memiliki tujuan ganda yakni untuk membantu pemula yang belum terpengaruh oleh dampak dari internet akibat kesalahan yang mereka lakukan, dan juga membantu pengunjung berpengalaman di dunia maya untuk membantu para pemula.

Berikut beberapa point yang merupakan inti dari buku Netiquette :

Pengantar : Berisi tentang ringkasan buku ini


Aturan 1 : Ingatlah Manusia
Ketika Anda berkomunikasi secara elektronik, semua yang Anda lihat adalah layar komputer. Anda tidak memiliki kesempatan untuk menggunakan ekspresi wajah, gerak tubuh, dan nada suara untuk berkomunikasi.

Aturan 2: Patuhi Standar yang sama dari perilaku online yang anda ikuti dalam kehidupan nyata.

Dalam kehidupan nyata, kebanyakan orang cukup taat hukum, baik oleh disposisi atau karena takut tertangkap. Dan, mungkin karena orang terkadang lupa bahwa ada seorang manusia di sisi lain dari komputer, beberapa orang berpikir bahwa standar yang lebih rendah dari etika atau perilaku pribadi dapat diterima di dunia maya.
Aturan 3: Tahu dimana anda berada
Sesuatu yang bisa diterima di satu daerah kemungkinan amat sangat kasar di negara lain sehingga sangat penting untuk kita ketahui dimana kita berada.

Aturan 4: Menghormati orang lain
Ini klise bahwa orang-orang saat ini tampaknya memiliki waktu kurang dari sebelumnya, meskipun (atau mungkin karena) kita kurang tidur dan memiliki lebih banyak alat penghemat-tenaga dari kakek-nenek kita. Ketika Anda mengirim email, atau kirim ke grup diskusi, Anda mengambil waktu orang lain (atau berharap untuk). Itu tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa waktu yang mereka habiskan membaca postingan Anda tidak terbuang.

Aturan 5: Buat diri Anda tampak online dengan baik
Saya tidak ingin memberikan kesan bahwa internet adalah tempat yang dingin dan kejam penuh dengan orang yang tidak bisa menunggu untuk menghina satu sama lain. Seperti di dunia pada umumnya, kebanyakan orang yang berkomunikasi secara online hanya ingin disukai. Jaringan - terutama kelompok diskusi - membiarkan Anda menjangkau orang-orang yang akan dinyatakan tidak pernah bertemu. Dan tidak satupun dari mereka bisa melihat Anda. Anda tidak akan dinilai oleh warna kulit Anda, mata, atau rambut, berat badan, usia Anda, atau pakaian Anda.

Aturan 6: Pengetahuan ahli Share
Berbagi pengetahuan sangat menyenangkan. Dan itu dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Aturan 7: Membantu menjaga keharmonisan
Melakukan ekspresi yang tidak berlebihan. Apa yang dilakukan ketika mengekspresikan pendapat tanpa berbarengan dengan emosi yang negatif.

Aturan 8: Hormati Privasi Orang lain
Privasi adalah kehidupan pribadi, kita diwajibkan untuk menghormati privasi atau pribadi orang lain.

Aturan 9: Jangan Menyalahgunakan kekuatan dan kemampuan
Kadang kita merasa lebih dari yang lain sehingga dengan kekuatan kita tersebut dapat melakukan tindakan-tindakan yang mengganggu kenyamanan orang lain.

Aturan 10: Jadilah Pemaaf atas kesalahan orang lain

Setiap orang adalah pemakai jariang pemula dan karena pemula maka mereka akan belajar dari kesalahannya. Ketika kita mendapatkan kesalahan orang lain termasuk ejaan  dan lain sebagainya sedapat mungkin kita memaklumi dan memaafkan kesalahan tersebut bahkan memberi solusi atas apa yang dilakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Terbaru

Masukkan Email Anda

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net