Translate

TIPS Untuk melindungi anak dan siswa saat online di Internet

Tips ini sangat berguna untuk orang tua dan guru karena dengan menggunakan tips ini, orang tua dan guru dengan mudah mendapatkan informasi tentang kegiatan anak/siswa selama online.

Keamanan internet, masalah privasi dan cyberbullying adalah beberapa masalah utama yang dihadapi oleh orang tua dan guru saat ini. Memang benar bahwa revolusi web telah mempengaruhi banyak aspek baik aspek positif maupun aspek negatif dalam kehidupan kita. Mustahil memang untuk menghindari koneksi dengan internet apalagi anak-anak sekarang telah memiliki HP yang rata-rata dapat terkoneksi dengan internet.

Saat ini anak-anak dapat mengakses internet dengan mudah, situs-situs baik yang mengajarkan tentang pendidikan maupun yang bukan dapat diakses dengan gratis. Anak-anak juga dapat bertemu dengan orang-orang yang belum pernah dikenalnya dan bahkan akan belajar hal-hal buruk yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Ketidakdewasaan mereka dalam berpikir, kepolosan dan kecenderungan mempercayai orang lain dan rentan terhadap cyber bullying dan banyak hal lain yang dapat saja dihadapi oleh anak-anak ketika mereka online. Opakah orang tua dan guru mengetahui fakta-fakat negatif tersebut? tentu saja mayoritas orang tua dan guru tahu akan hal ini, tapi masalahnya adalah bahwa mereka merasa tidak berdaya dan tidak memiliki kemampuan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan untuk memantau aktivitas anak atau siswa selama online.

Dengan membaca artikel ini anda tidak perlu takut untuk memantau aktivitas anak atau siswa selama berselancar dunia internet. Berikut yang dapat anda lakukan!

Creepsquash adalah alat monitoring berbasis web yang memungkinkan kita dapat memantau aktivitas anak atau siswa selama menggunakan facebook tanpa menggangu privasi dan kerahasiaan mereka. 


MinorMonitor adalah aplikasi berbasis web yang juga dapat membantu kita dalam memantau aktivitas anak/siswa di facebook. Informasi yang dapat kita peroleh dengan menggunakan aplikasi ini antara lain update status, daftar teman, foto dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan akun facebook anak/siswa kita. Aplikasi ini secara otomatis menganalisa dan mengidentifikasi kemungkinan bullying, penggunaan narkoba, seks, ajakan, dan hal-hal lainnya
Yahoo safely adalah website dari yahoo yang memberikan tips-tips keamanan berinternet. Wibsite ini sangat berguna untuk orang tua dan guru. Website ini dirancang khusus untuk orang tua dan guru serta anak-anak untuk mengajarkan mereka cara menggunakan internet dengan hati-hati dan bertanggung jawab.

4. Family Safety Centre

Family Safety Centre adalah portal yang dibuat Goole dimana aplikasi ini berisi sejumlah tips tentang keamanan berinternet, video dan artikel. Alat yang ditawarkan oleh layanan Google ini juga dapat menonton video yang dibuat oleh orang tua lain tentang bagaimana anak-anak dapat menggunakan internet dengan aman. Family Safety Centre juga menyediakan cara bagi orang tua tentang cara melaporkan penyalahgunaan atau konten yang tidak pantas atas layanan yang diberikan Google.



5. Netsmartz


Netsmartz adalah situs web yang besar yang selalu mendidik penggunanya tentang keamanan internet terutama anak-anak, orang tua, guru, maupun penegak hukum.
Wired Safety adalah website yang sagat fantastis yang mengajarkan tentang keselamatan anak-anak saat online. Topik-topik yang diberikan seperti Cyberbulling, Cyberstalking, Kejahatan intenet, Harassement Online, Pencurian identitas, keamanan email, malware dan adware, phishing, cara mendawnload musik secara aman, serta keamanan bermain game online.

7. SafeKids


SafeKids mencakup keamanan internet untuk anak-anak dan memiliki beberapa artikel yang semuanya mengajarkan cara mengatasi masalah anak-anak berselancar di internet dengan aman.


Cybersmart menyediakan kegiatan, sumber daya dan saran praktis untuk membantu remaja, anak-anak dan orang tua serta guru tentang cara menggunakan internet dengan aman. Ia juga menawarkan pelatihan dan sumber daya untuk sekolah dan bahan untuk staf perpustakaan.

9. Solos
Solos adalah website pendidikan yang menawarkan keamana berinternet untuk anak-anak dan orang tua

10. Nawala Nusantara
Ini adalah layanan dalam negeri. DNS Nawala adalah layanan DNS yang bebas digunakan oleh pengguna akhir atau penyedia jasa internet untuk mendapatkan akses internet bersih dan aman. DNS Nawala melakukan penapisan situs-situs berkandungan negatif yang tidak sesuai dengan norma kesusilaan dan budaya Indonesia, seperti situs berkandungan pornografi atau perjudian. Selain itu DNS Nawala juga menapis situs-situs yang berbahaya dan melanggar aturan perundangan, seperti situs penipuan, malware dan phising.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net