Translate

HP, Media Pembelajaran yang paling efektif

Saya cukup terkesan dengan kemampuan anak saya, untuk diketahui anak saya saat ini baru berusia 2 tahun. Tetapi sebelum berumur dua tahun anak saya tersebut sudah mampu menghafal angka dari 1-20, Abjad A-Z walaupun penyebutannya masih terbolak balik, dan sudah bisa menyebut huruf-huruf arab. Selain itu, anak saya kini mampu menyebut nama-nama binatang, anggota tubuh, dan lain sebagainya dalam bahasa Inggris. Mulanya saya senang tetapi lama-lama saya kerepotan juga karena saya tidak memiliki dasar bahasa Inggris.

Apa yang saya lakukan guna menambah kemampuan anak saya tersebut? Sekitar usia 8 bulan, saya telah memperkenalkan dia dengan HP. Saya tunjukkan video-video yang berisi tentang pendidikan. Rupanya dia tertarik, bahkan menjadi menu utama sebelum dia tidur. Karena begitu tertariknya dia pada HP yang berisi berbagai macam video tersebut, membuat saya semakin semangat untuk terus menambah koleksi video yang berkaitan dengan pendidikan. Untuk mendapatkan video-video tersebut dapat kita download di www.youtube.com. Ada banyak yang bisa didownload disana.

Hasil yang dicapai oleh pembelajaran melalui HP yang saya lakukan terhadap anak saya, kemudian dicoba oleh teman guru disekolah kami, teman tersebut mengajar Bahasa Indonesia. Atas bantuan saya, teman guru tersebut selalu meminta untuk menambahkan video-video yang berkaitan dengan bacaan dibuku paket yang diajarkannya.

Ternyata hasilnya cukup memuaskan karena hampir semua siswa dapat menuntaskan materi pelajaran yang diajarkan. Keberhasilan tersebut membuat teman guru mengajak saya untuk membantunya membuat video yang diperankan oleh siswa-siswi kami, skenario disusun langsung teman, latar dan setting dilakukan disekolah kami. Setelah jadi saya mengkonversi video tersebut ke jenis file 3gp. Ternyata hasilnya lebih memuaskan lagi karena siswa termotivasi dan lebih tertarik dengan video tersebut. Sehingga pesan yang disampaikan melalui video dapat ditangkap dengan mudah oleh siswa. Dari hasil evaluasi yang dilakukan terjadi peningkatan.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan HP, dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh waktu belajar siswa tidak lagi terikat oleh waktu belajar secara formal, baik dirumah maupun ditempat lainnya siswa masih dapat mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru. Kemudian jam belajar pun menjadi bertambah secara otomatis tanpa harus membuat guru mengikuti siswa tersebut dirumahnya untuk memberikan pembelajaran.

Keuntungan lainnya dengan menggunakan HP adalah dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa yang belum tuntas atas materi pelajaran yang diberikan. Guru tinggal membuat video baik dalam bentuk drama maupun menjelaskan langsung materi yang diajarkan seperti sedang mengajar di kelas untuk dibagikan kepada siswa yang belum tuntas. Hal ini bisa mengatasi kurangnya kesempatan kita untuk melakukan remedial kepada siswa.

Pemanfaatan HP sebagai media pembelajaran termasuk cara terbaik untuk memanfaatkan HP yang dimiliki oleh siswa. Selain tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa juga mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh HP. Pada saat ini orang tua mulai resah dengan pengaruh-pengaruh negatif HP, olehnya itu bagi kita guru sangat baik sekali jika kita dapat mengoptimalkan penggunaan HP untuk pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net