Translate

10 Aplikasi HP untuk pembelajaran di Kelas

Pada saat ini teknologi komunikasi berupa Handphone bukan lagi merupakan barang mewah tetapi sudah menjadi kebutuhan oleh semua orang. Dengan harganya yang semakin murah ditambah lagi ketersediaan fitur dan aplikasinya membuat keinginan untuk memiliki HP menjadi lebih besar ketimbang dimasa lalu. Saya masih ingat ketika awal-awal munculnya HP di Indonesia, orang yang ingin memiliki HP harus memenuhi berbagai persyaratan dan beberapa item biaya yang harus dibayarkan. Namun kini anda tinggal merogoh kantung, beli HP dan Nomor Perdana selanjutnya lakukan registrasi kartu sampai selesai, tanpa perlu menyetor persyaratan-persyaratan seperti masa lalu. Tidak ada pembatasan usia kepemilikan HP, dari anak-anak sampai kakek-nenek bisa memiliki HP asal punya uang untuk membeli barang tersebut.



Dengan tidak terbatasnya usia kepemilikan HP maka jangan heran hampir semua siswa saat ini sudah memiliki HP. Beberapa alasan yang membuat orang tua membeli HP untuk anaknya antara lain; Agar orang tua mudah mengontrol keberadaan anaknya. Ada juga karena dorongan anak yang ingin tampil trendy, dan lain sebagainya.

Perubahan sikap dan prilaku anak pada saat ini juga ditengarai akibat adanya HP. Sehingga untuk menghindarkan anak usia sekolah dari pengaruh negatif maka ada orang tua yang tidak mau membelikan anaknya HP. Hal ini merupakan tindakan yang salah karena lambat laun pengaruh teknologi akan menembus proteksi orang tua yang seperti demikian.

Apapun yang dilakukan oleh orang tua tetaplah harus kita hargai dan saya tidak akan membahas lebih jauh tentang bagaimana orang tua mengontrol anaknya dari pengaruh HP. Kali ini saya ingin berbagi beberapa tips yang dapat dilakukan oleh guru untuk memanfaatkan HP sebagai media pembelajaran di kelas. Hal ini juga dapat menjadi solusi bagi guru yang selama ini merasa terganggu akibat ulah siswa yang lebih memperhatikan HPnya daripada materi yang dibawakan oleh guru.

1. Conference Call

Fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran tanpa harus berada dikelas. Anda tinggal daftar nomor HP siswa kemudian manfaatkan fasilitas ini dengan menghubungi semua nomor siswa tersebut. Fasilitas ini juga bisa dilakukan untuk meremedial siswa yang belum memenuhi ketuntasan yang diharuskan. Siswa-siswa yang nilainya dibawah ketuntasan minimal dihubungi kemudian lakukan proses pembelajaran melalui HP. Sampaikan materi anda, lakukan selalu pancingan untuk memastikan bahwa mereka mendengar dan mengikuti dengan serius pembelajaran yang anda berikan. Untuk mengevaluasi siswa tersebut dapat anda mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab pada saat itu.
Kelebihan menggunakan fasilitas ini adalah merupakan solusi bagi guru yang tidak sempat untuk bertatap muka dengan siswa secara langsung. Misalnya anda sedang mengikuti kegiatan penting diluar sekolah sedangkan kelemahannya adalah biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal serta kita harus bisa memastikan bahwa hampir semua siswa yang akan mengikuti pembelajaran telah memiliki HP.

2. SMS (Short Message Service)

Anda bisa membagikan materi kepada siswa melalui fasilitas SMS. Jika materinya panjang maka anda bisa menggunakan fasilitas modem karena biasanya modem selalu disertai dengan aplikasi yang dapat mengirim SMS. Melalui fitur SMS anda bisa melakukan copy paste, dan panjangnya juga tidak terbatas. Kelebihannya adalah tidak terbatas pada ruang dan waktu, selain itu juga bisa digunakan untuk mengirim pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab secara personal atau per individu. Kelemahannya adalah biaya pengiriman SMS, tetapi jika dikomunikasikan secara baik dengan orang tua akan rencana anda tersebut maka saya yakin hal ini tidak akan menjadi masalah.

3. MMS
Fasilitas ini memiliki fitur untuk mengirim gambar. Manfaatkan fisilitas ini dengan cara mengirim gambar kepada siswa, kemudian mintalah siswa untuk mendeskripsikan gambar tersebut dan mengirim hasil deskripsi tersebut kepada anda. Hal ini bagus untuk memancing imajinasi dan daya kritis siswa. Siswa yang memiliki sikap malu-malu ketika bertatap muka langsung dapat teratasi dengan cara ini.


4. WhatsApp

Kelebihan fasilitas ini adalah dapat mengirim video, gambar dan juga dapat membangun forum diskusi atau komunikasi kelas yang anda bentuk. Munculkan permasalahan dalam forum tersebut kemudian mintalah siswa untuk mengomentarinya.

5. Facebook
Hampir semua HP generasi sekarang memiliki aplikasi Facebook, Buatlah grup diskusi atau halaman yang dapat diikuti oleh siswa. Grup tersebut harus berisi pembelajaran yang anda bawakan. Misalnya anda buat status berupa pertanyaan yang harus dijawab bisa melalui kolom komentar dan bisa juga menyetor jawaban tersebut pada saat proses belajar mengajar dikelas berlangsung.


6. e-Mail

Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas email untuk membangun pembelajaran anda, mintalah siswa untuk membuat email kemudian nama-nama email tersebut diserahkan kepada anda untuk dikirimkan materi pembelajaran, usahakan email anda tidak menyertakan file karena hal ini akan menyulitkan siswa utamanya yang menggunakan HP. 



7. File MP3

Rekam suara anda yang sedang menjelaskan materi yang diajarkan. Simpan hasil rekaman tersebut kedalam file berformat MP3 agar bisa dibuka di HP. Upayakan rekaman tersebut diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab atau selipkan hal-hal yang harus didiskusikan oleh siswa dalam rekaman tersebut, untuk guru Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris sangat tepat menggunakan fasilitas ini utamanya yang berkaitan dengan aspek penilaian mendengarkan. Pada saat proses belajar mengajar, bagikan hasil rekaman tersebut dengan memanfaatkan fasilitas bluetooth. Kemudian mintalah siswa untuk mendengarkan rekaman yang anda bagikan. Kelebihan fasilitas ini adalah gratis.

8. Video 3gp

Sama halnya dengan file MP3, melalui fasilitas video, anda juga bisa memanfaatkannya dengan membuat video pembelajaran. Rekam diri anda yang sedang menyampaikan materi atau sub materi. Jika anda merasa malas membuat video sendiri, anda bisa memanfaatkan internet. Temukan video yang berkaitan dengan materi anda dan download file dalam bentuk format 3gp. Jika videonya berformat yang lainnya, manfaatkan aplikasi konversi untuk merubah format video tersebut ke format 3gp. Fasilitas ini juga gratis. 

9. Kakao Talk

Aplikasi HP ini hampir mirip dengan WhatsApp, saya belum pernah menggunakan aplikasi ini namun mendengar dan melihat iklan yang menampilkan kelebihan aplikasi kakao talk kemungkinan juga dapat diterapkan dalam pembelajaran




10. Google+
Google+ sama penggunaannya dengan facebook, disini kita dapat membangun forum diskusi, dapat mengupload gambar, video, dan file-file lainnya. Google+ adalah produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Google. Prospeknya yang cukup cerah dan fasilitas serta fitur yang cukup kompleks namun sederhana menjadi Google+ dapat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai media proses pembelajaran oleh guru.

Untuk memaksimalkan fasilitas di atas, pandu siswa cara menggunakannya termasuk bagaimana mensetting HP mereka sehingga dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut. Dan yang paling penting, sebelum memulai pembelajaran dengan memanfaatkan HP sebagai media adalah meminta persetujuan dari orang tua siswa. Tentunya dengan berbagai alasan yang dapat diterima oleh mereka dalam kaitannya dengan metode pembelajaran yang ingin anda bawakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Terbaru

Masukkan Email Anda

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net