Pembelajaran kontekstual merupakan suatu proses pendidikan yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengkaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan/ konteks ke permasalahan/konteks lainnya.
- Pembelajaran kontekstual merupakan model pembelajaran yang berbasis pada filsafat konstruktivisme.
- Mengajar berarti partisipasi dengan pelajar dalam membentuk pengetahuan, membuat makna, mencari kejelasan, bersikap kritis, dan mengadakan justifikasi.
- Konstruktivisme (Contructivism)
- Menemukan (Inquiry)
- Bertanya (Questioning)
- Masyarakat Belajar (Learning Community)
- Pemodelan (Modeling)
- Refleksi (Reflection)
- Penilaian yang Sebenarnya (Authentik Assessment)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar