Translate

Cara Membuat Panduan Antisipasi Pembelajaran

Panduan antisipasi pembelajaran adalah strategi pemahaman yang digunakan sebelum membaca untuk mengaktifkan pengetahuan awal siswa dan membangun rasa ingin tahu tentang topik baru. Sebelum membaca, siswa mendengarkan atau membaca beberapa pernyataan tentang konsep-konsep utama yang ada dalam teks yang sering disusun sebagai serangkaian pernyataan sehingga siswa dapat memilih untuk setuju atau tidak setuju. Panduan ini dapat merangsang minat siswa atas topik yang akan diajarkan dan menetapkan tujuan membaca.

Mengapa menggunakan panduan antisipasi pembelajaran?
  1. Agar siswa dapat membuat prediksi, mengantisipasi teks, dan memverifikasi prediksi mereka.
  2. Agar siswa dapat menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan sebelumnya dan membangun rasa ingin tahu tentang topik baru.

Cara Menggunakan Panduan Antisipasi Pembelajaran
  1. Penduan antisipasi pembelajaran dapat dilakukan dengan memimta siswa untuk menulis beberapa kata atau pernyataan-pernyataan tentang ide-ide utama dalam teks untuk dibahas.
  2. Memperkenalkan bahan teks dengan meminta tanggapan pernyataan siswa
  3. Berikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi tentang pernyataan yang telah buat
  4. Meminta salah satu siswa untuk membaca teks dengan keras dan upayakan guru harus selalu menghentikan kegiatan membaca pada teks yang mengandung pernyataan yang dibuat oleh siswa
  5. Simpulkan kegiatan membaca dengan meninjau ulang setiap pernyataan tersebut.

Untuk lebih memudahkan kita memahami tentang cara membuat panduan antisipasi pembelajaran dapat dilihat melalui video berikut 

Download Video Cara Membuat Panduan Antisipasi Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net