Translate

Contoh Lembar Validasi Rencana Pembelajaran

LEMBAR VALIDASI

RENCANA PEMBELAJARAN ( RP)

 

Satuan Pendidikan            :       SMA

Kelas/ semester                 :       X / 2

Mata Pelajaran                  :       Matematika

Pokok Bahasan                 :       Dimensi Tiga

RP ke -                              :       ……………………….

Nama Validator                :       ……………………….

Pekerjaan                           :       ……………………….

 

 

A. Petunjuk

1. Berilah tanda cek (Ö ) dalam kolom penilaian yang sesuai menurut pendapat Bapak/ Ibu

2. Bila ada beberapa hal yang perlu direvisi, mohon menuliskan butir-butir revisi secara langsung pada tempat yang telah disediakan dalam naskah ini.

 

B. Penilaian ditinjau dari beberapa aspek

No

Aspek yang Dinilai

Skala Penilaian

1

2

3

4

5

1

Kesesuaian indikator pencapaian hasil belajar dengan kompetensi dasar

 

 

 

 

 

2

Kejelasan indikator pencapaian hasil belajar

 

 

 

 

 

3

Keterukuran indikator pencapaian hasil belajar

 

 

 

 

 

4

Keterkaitan antar indikator pencapaian hasil belajar

 

 

 

 

 

5

Kesesuaian materi prasyarat dan materi yang akan diajarkan

 

 

 

 

 

6

Kesesuaian pengalaman belajar dengan indikator pencapaian hasil belajar

 

 

 

 

 

7

Penggunaan bahasa ditinjau dari kaidah bahasa Indonesia.

 

 

 

 

 

8

Sifat komunikasi bahasa yang digunakan.

 

 

 

 

 

9

Kesesuaian alokasi waktu dengan kegiatan yang dilakukan

 

 

 

 

 

10

Kesesuaian alat dan sumber belajar

 

 

 

 

 

11

Kesesuaian aktivitas pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw

 

 

 

 

 

12

Kejelasan penjabaran aktivitas guru dan siswa

 

 

 

 

 

 

Keterangan Skala Penilaian

 1: berarti "tidak baik"

 2: berarti "kurang baik"

 3: berarti "cukup baik"

 4: berarti " baik"

 5: berarti " baik sekali"

 

 

 

 

C. Penilaian Umum

Simpulan Penilaian secara umum

(mohon lingkari angka di bawah ini sesuai penilaian Bapak/ Ibu)

a. Rencana Pembelajaran (RP) ini :

1. Tidak Baik

2. Kurang Baik

3. Cukup Baik

4. Baik

5. Baik Sekali

b. Rencana Pembelajaran ini :

1. Belum dapat digunakan

2. Dapat digunakan dengan revisi banyak

3. Dapat digunakan dengan revisi sedikit

4. Dapat digunakan tanpa revisi

 

D. Komentar dan Saran Perbaikan

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

………………., ………………….

Validator,

 

 

 

(………………………………)

 

 

 

 

LEMBAR VALIDASI

LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS )

 

Satuan Pendidikan            :       SMA

Kelas/ semester                 :       X / 2

Mata Pelajaran                  :       Matematika

Pokok Bahasan                 :       Dimensi Tiga

Nama Validator                :       ……………………….

Pekerjaan                           :       ……………………….

LKS Pertemuan ke -         :       ……………………….

 

A. Petunjuk

1. Berilah tanda cek (Ö ) dalam kolom penilaian yang sesuai menurut pendapat Bapak/ Ibu

2. Bila ada beberapa hal yang perlu direvisi, mohon menuliskan butir-butir revisi secara langsung pada tempat yang telah disediakan dalam naskah ini.

 

B. Penilaian ditinjau dari beberapa aspek

 

No

Aspek yang Dinilai

Skala Penilaian

1

2

3

4

5

I

FORMAT

1. Kejelasan pembagian materi

2. Kejelasan sistem penomoran

3. Pengaturan ruang/ tata letak

4. Kesesuaian jenis dan ukuran huruf

5. Pengaturan ilustrasi/ gambar

II

BAHASA

1. Kesesuaian bahasa yang digunakan dengan kaidah Bahasa Indonesia

2. Kesederhanaan struktur kalimat

3. Kalimat soal tidak mengandung arti ganda

4. Kejelasan petunjuk dan arahan

5. Sifat komunikatif bahasa yang digunakan

III

ISI

 

1. Kesesuaian dengan indikator pencapaian hasil belajar

 

2. Kebenaran isi/ materi

 

3. Kesesuaian dengan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw

 

4. Kelayakan sebagai perangkat pembelajaran

 

Keterangan Skala Penilaian

 1: berarti "tidak baik"

 2: berarti "kurang baik"

 3: berarti "cukup baik"

 4: berarti " baik"

 5: berarti " baik sekali

 

C. Penilaian Umum

Simpulan Penilaian secara umum

(mohon lingkari angka di bawah ini sesuai penilaian Bapak/ Ibu)mbawah ini sesuai pe

a. LKS ini :

1. Tidak Baik

2. Kurang Baik

3. Cukup Baik

4. Baik

5. Baik Sekali

b. LKS ini :

1. Belum dapat digunakan

2. Dapat digunakan dengan revisi banyak

3. Dapat digunakan dengan revisi sedikit

4. Dapat digunakan tanpa revisi

 

D. Komentar dan Saran Perbaikan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

………………., ………………….

Validator,

 

 

 

(………………………………)

 

 

 

 

 

LEMBAR VALIDASI

LEMBAR MATERI AHLI ( LMA )

 

Satuan Pendidikan            :       SMA

Kelas/ semester                 :       X / 2

Mata Pelajaran                  :       Matematika

Pokok Bahasan                 :       Dimensi Tiga

Nama Validator                :       ……………………….

Pekerjaan                           :       ……………………….

LMA Pertemuan ke -        :       ……………………….

 

A. Petunjuk

1. Berilah tanda cek (Ö ) dalam kolom penilaian yang sesuai menurut pendapat Bapak/ Ibu

2. Bila ada beberapa hal yang perlu direvisi, mohon menuliskan butir-butir revisi secara langsung pada tempat yang telah disediakan dalam naskah ini.

 

B. Penilaian ditinjau dari beberapa aspek

 

No

Aspek yang Dinilai

Skala Penilaian

1

2

3

4

5

I

FORMAT

1. Kejelasan pembagian materi

2. Kejelasan sistem penomoran

3. Pengaturan ruang/ tata letak

4. Kesesuaian jenis dan ukuran huruf

5. Pengaturan ilustrasi/ gambar

II

BAHASA

1. Kesesuaian bahasa yang digunakan dengan kaidah Bahasa Indonesia

2. Kesederhanaan struktur kalimat

3. Kalimat soal tidak mengandung arti ganda

4. Kejelasan petunjuk dan arahan

5. Sifat komunikatif bahasa yang digunakan

III

ISI

 

1. Kesesuaian dengan indikator pencapaian hasil belajar

 

2. Kebenaran isi/ materi

 

3. Kesesuaian dengan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan jigsaw

 

4. Kelayakan sebagai perangkat pembelajaran

 

Keterangan Skala Penilaian

 1: berarti "tidak baik"

 2: berarti "kurang baik"

 3: berarti "cukup baik"

 4: berarti " baik"

 5: berarti " baik sekali

 

 

C. Penilaian Umum

Simpulan Penilaian secara umum

(mohon lingkari angka di bawah ini sesuai penilaian Bapak/ Ibu)

a. LMA ini :

1. Tidak Baik

2. Kurang Baik

3. Cukup Baik

4. Baik

5. Baik Sekali

b. LMA ini :

1. Belum dapat digunakan

2. Dapat digunakan dengan revisi banyak

3. Dapat digunakan dengan revisi sedikit

4. Dapat digunakan tanpa revisi

 

D. Komentar dan Saran Perbaikan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

………………., ………………….

Validator,

 

 

 

(………………………………)

 

 

 

 

 

LEMBAR VALIDASI KUIS

 

Satuan Pendidikan            :       SMA

Kelas/ semester                 :       X / 2 (Genap)

Mata Pelajaran                  :       Matematika

Pokok Bahasan                 :       Dimensi Tiga

Nama Validator                :       ……………………….

Pekerjaan                           :       ……………………….

Kuis Pertemuan ke-           :       ………..

 

A. Petunjuk

1. Berilah tanda cek (Ö ) dalam kolom penilaian yang sesuai menurut pendapat Bapak/ Ibu

2. Bila ada beberapa hal yang perlu direvisi, mohon menuliskan butir-butir revisi secara langsung pada tempat yang telah disediakan dalam naskah ini.

3. Sebagai pedoman anda untuk mengisi kolom-kolom validasi isi, bahasa soal dan kesimpulan, perlu dipertimbangkan hal-hal berikut.

a.       Validasi isi

1)      Kesesuaian soal  dengan indikator pencapaian hasil belajar.

2)      Kejelasan petunjuk pengerjaan soal

3)      Kejelasan maksud soal

4)      Kemungkinan soal dapat terselesaikan

b.      Bahasa dan penulisan soal

1)      Kesesuaian bahasa yang digunakan pada soal dengan kaidah bahasa Indonesia.

2)      Kalimat soal tidak mengandung arti ganda

3)      Rumusan kalimat soal komunikatif, menggunakan bahasa yang sederhana bagi siswa, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa yang dikenal siswa.

 

B.     Penilaian terhadap validasi isi, bahasa dan penulisan soal, serta kesimpulan

No.

soal

Validitas  Isi

Bahasa & Penulisan Soal

Kesimpulan

V

CV

KV

TV

SDP

DP

KDP

TDP

TR

RK

RB

PK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

V     : valid                   

CV : Cukup valid

KV : Kurang valid   

TV   : Tidak valid        

SDP  : Sangat dapat dipahami

DP    : Dapat dipahami

KDP : Kurang dapat dipahami

TDP : Tidak dapat dipahami    

TR : Dapat digunakan tanpa revisi

RK :    Dapat digunakan dengan revisi kecil

RB :    Dapat digunakan dengan revisi besar

PK :   Belum dapat digunakan, masih perlu konsultasi

 

C. Komentar dan Saran Perbaikan

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

………….., …………………

Validator,

 

 

 

(………………………………)

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR VALIDASI TES HASIL BELAJAR SISWA

                                 

Satuan Pendidikan            :       SMA

Kelas/ semester                 :       X / 2 (Genap)

Mata Pelajaran                  :       Matematika

Pokok Bahasan                 :       Dimensi Tiga

Sub Pokok bahasan           :       Volume benda ruang

Nama Validator                :       ……………………….

Pekerjaan                           :       ……………………….

 

A. Petunjuk

1. Berilah tanda cek (Ö ) dalam kolom penilaian yang sesuai menurut pendapat Bapak/ Ibu

2. Bila ada beberapa hal yang perlu direvisi, mohon menuliskan butir-butir revisi secara langsung pada tempat yang telah disediakan dalam naskah ini.

3. Sebagai pedoman anda untuk mengisi kolom-kolom validasi isi, bahasa soal dan kesimpulan, perlu dipertimbangkan hal-hal berikut.

a.       Validasi isi

1)      Kesesuaian soal  dengan indikator pencapaian hasil belajar.

2)      Kejelasan petunjuk pengerjaan soal

3)      Kejelasan maksud soal

4)      Kemungkinan soal dapat terselesaikan

b.      Bahasa dan penulisan soal

1)      Kesesuaian bahasa yang digunakan pada soal dengan kaidah bahasa Indonesia.

2)      Kalimat soal tidak mengandung arti ganda

3)      Rumusan kalimat soal komunikatif, menggunakan bahasa yang sederhana bagi siswa, mudah dipahami, dan menggunakan bahasa yang dikenal siswa.

 

C.    Penilaian terhadap validasi isi, bahasa dan penulisan soal, serta kesimpulan

No.

soal

Validitas  Isi

Bahasa & Penulisan Soal

Kesimpulan

V

CV

KV

TV

SDP

DP

KDP

TDP

TR

RK

RB

PK

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10a

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10b

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

V     : valid                   

CV : Cukup valid

KV : Kurang valid   

TV   : Tidak valid        

SDP  : Sangat dapat dipahami

DP    : Dapat dipahami

KDP : Kurang dapat dipahami

TDP : Tidak dapat dipahami    

TR :     Dapat digunakan tanpa revisi

RK :    Dapat digunakan dengan revisi kecil

RB :    Dapat digunakan dengan revisi besar

PK :   Belum dapat digunakan, masih perlu konsultasi.

 

 

C. Komentar dan Saran Perbaikan

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

 

……………, ………………….

Validator/penilai,

 

 

 

(……………………………)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Terbaru

Masukkan Email Anda

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net