Translate

Kesenjangan Guru di Kota dan Desa Masih Tinggi

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengatakan ada banyak pekerjaan rumah yang harus dibereskan pemerintah agar mutu pendidikan di Indonesia lebih berkualitas dan mempunyai daya saing. Salah satu pekerjaan rumah pemerintah yang harus diselesaikan adalah mengurangi kesenjangan penyebaran guru di kota dan di desa. Hal ini disampaikan pada acara Kongres PGRI ke 21 di Istora Senayan Jakarta.

Persebaran guru di Indonesia, 80 persen jumlah guru tersebar di kota, sisanya 20 persen di desa. Tidak meratanya persebaran guru dapat menumbulkan kualitas pendidikan di Indonesia akan timpang karena hanya penduduk kota saja yang mempunyai kualitas SDM handal, sedangkan penduduk desa akan terus terbelakang.

Berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) tahun 2011, kualitas SDM Indonesia berada di peringkat 121, dari 187 negara, sedangkan Singapura berada di peringkat 18, Brunei Darussalam peringkat 30 dan Filipina berada di peringkat 114. Untuk mengejar ketertinggalan,hal yang dilakukan adalah mengurangi ketimpangan porsi guru baik di kota dan desa selain itu terus mengupdate kurikulum terbaru di beberapa sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Adsense Indonesia

Terbaru

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net