Translate

11 Alat Pemetaan Pikiran Gratis Untuk Guru dan Murid

Pemetaan pikiran, pemetaan konsep atau pendapat adalah nama yang berbeda yang mengandung arti yang hampir sama yakni mengumpulkan, mengorganisir baik ide, tugas, kata-kata maupun hal-hal lain yang saling berhubungan.

Sedangkan keuntungan menggunakan aplikasi pemetaan pikiran dalam dunia pendidikan antara lain:
  • Pemetaan pikiran memungkinkan guru untuk memanipulasi ide dan konsep dengan sangat mudah dan fleksibel
  • Membantu guru dalam menyajikan informasi dengan cara visual dan komprehensif
  • Membantu siswa memahami dan mengkomunikasikan pengetahuan mereka secara efektif dan terstruktur
  • Membantu guru untuk mengelola kelas
  • Membantu tugas guru untuk meringkas, mengatur dan menyajikan informasi PBM
  • Membantu guru dan siswa untuk membuat tutorial dan menjelaskan konsep yang sulit
  • Membantu siswa agar perhatiannya tetap fokus
  • Penyelidikan dan pemecahan masalah

Beberapa aplikasi pemetaan gratis berbasis website yang dapat membantu kita melakukan hal-hal tersebut diatas antara lain :

1.  SpiderScribe
 
Aplikasi ini adalah aplikasi pemetaan pikiran yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memvisualisasikan ide-ide mereka dengan jalan menghubungkan potongan informasi dan membuat peta. Selain itu juga dapat menggabungkan elemen seperti teks, gambar, file, peristiwa kalender, dan lokasi geografis.

2. Edistorm

Edistrom adalah aplikasi berbasis web 2.0 untuk pendidik. Hal ini memungkinkan kita untuk bekerja pada ide-ide saat brainstorming dan mengaturnya kedalam catatan-catatan kecil untuk dilihat oleh orang lain. Aplikasi ini tersedia dalam bentuk gratis dan berbayar

3. Wridea

Wridea adalah layanan manajemen ide dan alat brainstorming. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat entri ide baru dalam hitungan detik, memperbarui rincian, membahas secara mendalam dengan teman-teman anda dan mengatur data anda berdasarkan kategori yang berbeda.

4. Bubbl.us

Bubbl.us adalah aplikasi pemetaan pikiran dan brainstorming. Hal ini memungkinkan pengguna untuk membuat peta konsep sedemikian rupa dan seminimum mungkin. Anda dapat membuat proyek dan mengundang rekan-rekan anda untuk bergabung dengan anda mengedit konten.

5. Wise Mapping

Wise Mapping adalah peta pikiran secara online dan gratis memungkinkan anda untuk membuat dan berbagi peta pikiran dengan orang lain. Selain itu juga memungkinkan penggunanya membuat dan mengedit peta pikiran penuh warna dan kompleks hanya menggunakan mouse dan kata kunci

6. Lucidchart
Lucid chart adalah diagram alur dan peta pikiran. Caranya sangat sederhan, kita tinggal drag dan kegunaannnya untuk menggambar diagram dan bahkan memungkinkan pengguna meng-upload gambar mereka ke dalam diagram. tersedia dalam bentuk pro dan gratis namun terbatas.

7.  Text2mindmap

Teks 2 Min Map adalah website keren, sebuah aplikasi yang mengubah tek ke pikiran peta.

8. Spicynodes

Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya membuat node visual yang menarik untuk blog mereka, website atau wiku. Node visual ditampilkan potongan informasi yang membantu pengunjung mudah menavigasi isi situs anda sehingga mereka menemukan apa yang mereka cari.
9. Mind42

Aplikasi pemetaan pikiran secara online berbasis browser yang memungkinkan anda untuk melacak semua ide-ide kita dan membuat peta pikiran dengan mudah. Tidak memerlukan download atau perangkat lunak instalasi, cukup kita berselancar saja.

Sala satu aplikasi terbaik untuk memvisualisasikan ide-ide anda. dapat digabungkan dengan presentasi, mindmapping dan buletin online.


ChartTool adalah alat yang hebat dari Google. Pada dasarnya aplikasi ini adalah sebuah layanan gratis yang memungkinkan pengguna untuk membuat grafik yang mengagumkan dan grafis. Memiliki galeri kaya grafik dengan berbagai format. Pengguna dapat memilih bentuk-bentuk grafik seperti grafik line, bar grafik, diagram pie, peta grafik, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Terbaru

Masukkan Email Anda

Archives

Info Web

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net